Kentang Sebagai Bahan Dasar BBM Biosolar

Jakarta - Siapa bilang limbah makanan rumah tangga dan restoran sebagai penyumbang sampah terbesar. Sepertinya kita harus merevisi paragdigma tersebut. Limbah makanan bisa dijadikan biosolar sebagai bahan bakar mobil diesel.

Sebuah perusahaan swasta di Inggris, Greenergy telah berhasil memproduksi biosolar dari limbah makan sebagai bahan bakunya, terutama kentang yang paling efektif sebagai bahan dasar biosolar karena mengandung minyak goreng.

Seperti dikutip dari caradvice, Senin (9/5/2011) perusahaan itu mengumpulkan makanan seperti kentang, kue, roti dan sosis yang umumnya mengandung 25 sampai 30 persen minyak goreng dan lemak. Para insiyur membusukan makanan tersebut disebuah tempat khusus.

Proses selanjutnya adalah melakukan proses konversi menjadi minyak diesel. Proses tersebut digunakan untuk mengubah minyak dasar menjadi minyak diesel dengan membuang asam lemak bebas.

Setelah berhasil mengekstrak minyak bebas, bahan dasar dicampur dengan bahan bakar diesel yang kemudian menjadi bisolar dan siap untuk didistribusikan ke pompa bahan bakar bensin di Inggris.

Andrew Owens CEO Greenergy mengatakan dengan bahan baku makanan tersebut, potensi untuk memproduksi bahan bakar biodiesel sangat besar.

"Kuantitas biodiesel yang saat ini kami produksi dari limbah makanan sangat kecil, tapi kami berharap bisa meningkatkan sehingga menjadi menjadi bahan bakar biosolar yang signifikan," kata Owens.

Saat ini perusahaan tersebut telah memasok sekitar 20 persen bahan bakar biosolar untuk Inggris. Perusahaan Greenergy juga telah menginvestasikan dana 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 709 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

  • description

Video Gallery

Streaming Radio Karo